Dakwah Buat Remaja

Dakwah Kepada Remaja Supaya semakin mudah dalam menjalani hidup dan menuju ke jalan Islam... Semoga bermanfaat[]

Jangan pernah menyerah, pasti selalu ada jalan!

Terkadang kita sering merasa bahwa peruntungan belum memihak pada kita. kita telah gigih berusaha, tapi nampaknya kita seperti masih jalan di tempat. maka wajar bila pertanyaan di bawah ini berkelebat di benak kita.
"Orangporang di sekeliling saya tampaknya memperoleh apa yang mereka inginkan, tetapi saya tidak pernah mengalaminya. saya sudah berusaha, tetapi mengapa tidak ada sesuatu apa pun yang terjadi?"
Allah memberikan 3 rahasia besar ketika manusia pertama kali dilahirkan di muka bumi ini, 3 rahasia tersebut adalah jodoh, maut, dan rezeki. kesemuanya menjadi rahasia Allah, manusia hanya diperintahkan untuk ikhtiar namun dibalik rahasia itu tentu Allah telah menyiapkan hikmah yang besar bagi manusia. Anda bisa membayangkan bagaimana kehidupan ini kita jalankan seandainya ketiga rahasia Allah itu sudah tidak menjadi rahasia lagi bagi manusia? akan rusak dan hancurlah seluruh tatanan kehidupan manusia di muka bumi ini. ketidakadilan sosial, kecemburuan dan hal-hal negatif lainnya akan merusak kehidupan manusia itu sendiri. Maha suci Allah dari hal-hal tersebut, semuanya diciptakan dalam keadaan seimbang dan tidak ada cacat sedikitpun.
Mari kita renungkan hikmah ketiga rahasia Allah tersebut bagi manusia, seandainya manusia mengetahui secara pasti kapan ia akan dijemput maut, jodohnya dan rezekinya. tentu kebanyakan orang akan merencanakan kehidupan dengan mudah dan mempersiapkan amalan untuk kehidupan akhiratnya dengan jelas. jika sang maut masih lama menjelang, kebanyakan manusia akan lalai dan lebih memilih untuk berbuat santai dan melakukan kemaksiatan karena ajalnya masih lama dan masih ada waktu untuk bertaubat nanti menjelang ajal, satu tahunkah, dua tahunkah, tapi yang pasti menjelang kematian akan diisi kehidupannya dengan banyak taubat dan ibadah!
timbul pemikiran prinsip aji mumpung, kalau demikian yang terjadi ketika manusia mengetahui masih jauh ajalnya maka akan banyak terjadi kemaksiatan kolektif, kerusakan morral secara massal, melawan tatanan kehidupan norma agama dan hukum secara berjamaah serta banyak lagi keusakan yang lain dari pemikiran ini. begitu pula jika manusia mengetahui bahwa ajalnya akan segera tiba maka akan ada ketaatan berjamaah, taubatan massal dan ibadah kolektif yang membuat masjid tidak cukup menampung jamaahnya.
begitu pula dalam urusan jodoh dan rezeki kalau hal ini tidak dirahasiakan maka akan mudah manusia mengetahui sesuatu yang mendasar dalam kehidupannya. sebagai contoh dalam hal rezeki kalau hal ini tidak menjadi rahasia kehidupa manusia maka akan kayalah seluruh penduduk bumi. tidak ada yang meminta-minta, tidak ada orang miskin, semuanya ingin menjadi majikan dan bos.
bagaimana tidsak, ketika saya ataupun Anda mengetahui kapan akan berhasil dan menjadi kaya dalam berbisnis maka akan dengan mudah menghadapi kegagalan dan meneruskan usahanya sampai langkah kegagalan berusaha habis tinggal menuju langkah kesuksesan dan kekayaan. jika saya mengetahui langkah bisnis dan usaha saya baru berhasil setelah sepuluh kali melangkah dan kesebelasnya akan sukses, maka ketika saya gagal di langkah kesembilan,dengan mudahnya saya akan mengatakan, "ah, tinggal satu kali lagi saya akan gagal. toh, setelah itu akan sukses."
bisa kita lihat bagaimana seorang Thomas Alfa Edison dalam usahanya menemukan bola lampu, setelah gagal dalam 10.000 kali percobaan yang menyebabkan kereta tempat eksperimennya meledak, edison tidak menyerah . baru dilangkah ke 10.001 ia berhasil menemukan bola lampu pijar. jika seorang edison mundur saja di langkah ke 9999, tentu ia bukan penemu bola lampu walaupun sebenarnya tinggal satu langkah lagi ia akan berhasil, namun hal itu baru terlihat setelah ia berhasil menemukan bola lampu di langkah ke 10.001, kan? begitupula dengan Sochiro Honda . apa jadinya setelah ia menyerah setelah desain pistonnya ditolak oleh perusahaan Toyota? saat ia ditolak ia membuat rancangan sepeda listrik yang kemudian menjadi motor pertama honda yang diberi merek Supercup ketika 18.000 proposal yang diajukan ke perusahaan ditolak oleh 13.000 perusahaan. apa jadinya kalau ia menyerah di proposal ke 13.000?
hal sama dialami kolonel Sanders di usianya yang ke 55 tahun, dengan keyakinan yang kuat ia menawarkan resep masakan ayam cepat sajinya tidak kurang dari 1000 rumah makan, namun apakah langkahnya terhenti ketika resep masakannya ditolak oleh 999 rumah makan, jawabannya jelas tidak sama sekali! ia tidak menyerah meskipun di usia yang tua ia terus berjuang hingga langkah yang ke-1000 sehingga mengantarkannya menjadi orang sukses dengan resep masakan KFC-nya yang telah mendunia.
ternyata tidak ada alasan yang menjadi penghalang bagi kesuksesan seorang manusia dengan usia yang telah tua, ribuan kali gagal usahanya, dan selalu ditolak proposalnya bukanlah menjadi alasan untuk menyerah dan berhenti berjuang. akan sangat mudah membuat ribuan alasan dan pembenaran diri karena memang kebanyakan lebih suka membuat alasan dan pembenaran diri, namun sangat sedikit dan sulit untuk terus melangkah setapak demi setapak melawan segala kelemahan diri dan menjadikannya faktor untuk belaja, bangkit dan mengendalikan hidup.
hikmah mengapa manusia dirahasiakan dari 3 hal mendasar tadi menjadi ujian bagi manusia di dalam menjalankan hidup dan kehidupannya, hingga akhirnya saya dan anda sendirilah yang menentukan untuk terus berjuang, tidak menyerah sampai titik penghabisan dan bertawakal kepada Allah atas segala daya dan upaya kita sebagai seorang hamba.

0 komentar:

Posting Komentar